Pendampingan & Jejaring Pasar

Lini pendampingan di PPK Sampoerna mempunyai fungsi untuk melakukan:

  • Sosialisasi

Sosialisasi teknologi yang telah diuji coba di PPK Sampoerna diberikan kepada masyarakat dalam bentuk demo inovasi di masyarakat. Sosialisasi tidak terbatas pada teknologi yang telah di uji cobakan di PPK Sampoerna, juga program pemerintah, seperti sosialisasi Perijinan Industri Rumah Tangga suatu lisensi dari dinas kesehatan untuk produsen makanan minuman sebagai salah satu bukti tanggungjawab kepada konsumen, sosialisasi prosedur ekspor-impor bagi UMKM, sosialisasi system budidaya pertanian tanaman padi dengan metode System of Rice Intensification (SRI).

  • Pendampingan

Pendampingan kepada UKM dilakukan dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan UKM. PPK Sampoerna telah melakukan pendampingan produk dalam hal kemasan dan labeling termasuk desainnya, sanitasi lingkungan, manajemen bisnis usaha kecil, 5R (rapih,ringkas,resik, rawat,rajin), perbaikan kualitas produk dan bedah produk. Bersama dengan UKM melakukan bedah produk sejenis yang dianggap sukses untuk ATI (Amati, Tiru dan Inovasi) perbaikan dalam bentuk fisik (kemasan, labeling, produk) maupun harga.

  • Pengembangan Pusat Pembelajaran Masyarakat

PPK Sampoerna secara rutin mengadakan pertemuan bulanan dengan para UMKM, sebagai suatu wadah pusat informasi, penguatan, pembelajaran bersama. Para UMKM secara bergantian menjadi narasumber, melatih kemampuan komunikasi, berbagi pengalaman usaha dan pengetahuan.

  • Lini perluasan pasar

PPK Sampoerna berperan sebagai wadah pengikat dan pemerkuat UMKM yang inovatif, produktif dan efisien dalam pengembangan ekonomi lokal dengan fungsi utama mencari dan menciptakan pasar serta menjamin kuantitas, kualitas dan kontinuitas produk UMKM bagi pasar setempat ataupun yang lebih luas.Lini perluasan pasar di PPK Sampoerna juga berperan untuk menjalankan program pelayanan data dan informasi, advokasi dan konsultasi, intermediasi serta networking dan publikasi.  Sebagai contoh lini perluasan pasar menyampaikan bahwa ada permintaan konsumen mengenai kemasan sachet untuk produk herbal instant. Demikian juga pasar di segmen tertentu tidak menyukai kata jamu, berkonotasi pahit, kuno dan lebih memilih nama “Herbal Instant”.

Wadah perluasan pasar UKM dampingan bisa dilakukan di internal Sampoerna seperti koperasi karyawan Sampoerna, Gallery PPK Sampoernam maupun dalam expo eksternal. Kegiatan expo tidak hanya untuk perluasan pasar tetapi juga untuk mengetahu sudah sampai sejauhmana posisi UKM tersebut dibanding UKM lainnya. Kemajuan UKM merupakan salah satu tempat dimana UKM bisa menempatkan produknya  yang telah memenuhi syarat suatu produk (labeling, kemasan & lisensi dari BPOM).  Kegiatan rutin tahunan perluasan pasar dilakukan melalui wadah PPK Sampoerna Expo.

 

 

Welcome to PPK Sampoerna